Hukrim

Rutan Negara Gelar Razia dan Tes Urine Warga Binaan

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:25 WITA
Rutan Negara Gelar Razia dan Tes Urine Warga Binaan

beritabali/ist/Rutan Negara Gelar Razia dan Tes Urine Warga Binaan.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Setelah mendeklarasikan diri pada tanggal 22 September 2021 untuk Zero Halinar (Hape, Pungli dan Narkoba), Rutan Kelas IIB Negara kembali membuat program menarik dalam memerangi Halinar. 
Mulai dari pembentukan Duta Zero Halinar hingga rencana dalam pencanangan Rutan Bersinar. Rutan bersinar yang merupakan kepanjangan dari Rutan Bersih dari Narkoba merupakan suatu program dalam memerangi Narkoba khususnya di Rutan Kelas IIB Negara.
Kamis (30/12), dalam rangka mewujudkan Rutan Bersinar, Rutan Negara melaksanakan giat razia dan giat tes urin masa pada Warga Binaan Pelasyarakatan (WBP) dan petugas rutan. Kegiatan ini turut berpartisipasi Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Bali, Polres Jembrana, Dandim 1617 Jembrana, Subdenpom IX/3-2 Jembrana, Kesbangpol, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemnekumham Bai serta jajaran kepala Unit Pelaksana Teknis (ka UPT) serta  Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops patnal UPT) Pemasyarakatan se Bali. 
Tidak hanya turut turun langsung dalam melaksanakan penggeledahan UPT pemasyarakatan se Bali juga turut menyumbangkan alat tes urin untuk pelaksanaan tes urin massal di Rutan Negara. 
“Saya berharap jajaran UPT Pemasyarakatan yang lain dapat meniru kegiatan positif yang dilakukan Rutan Negara dalam hal razia gabungan dan tes urin masal dalam upaya Pencegahan  Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).” ucap I Putu Mudana selaku Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan yang turut memberikan pengarahan. 
Ketua BNNP Bali yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, I Ketut Suandika mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Rutan Negara dan akan turut membimbing program pemberantasan Narkoba di Rutan Negara. 
Razia gabungan ini tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Semua tamu yang memasuki rutan wajib mencuci tangan, menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu dan scan QR Code Peduli lindungi sebelum  memasukin Rutan Negara. 
Tim Penggeledah langsung menyasar masing-masing kamar dengan melakukan penggeledahan badan pada seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP). WBP yang telah digeledah dan dinyatakan bersih diarahkan ke aula untuk selanjutnya melakukan tes urin Narkoba di poliklinik Rutan. 
Setelah kamar hunian steril tim penggeledahan melakukan penggeledahan secara detail pada masing-masing kamar dan mengamankan benda berbahaya atau dilarang masuk ke dalam rutan. 
Sementara pada waktu yang bersamaan dilaksanakan tes urin pada petugas dan WBP rutan. Tes urin ini dilaksanakan pada dua tempat yaitu area pintu dua bagi petugas rutan dan poliklinik bagi WBP. Kegiatan diawasi langsung oleh tim BNNP Bali serta dibantu oleh tim paramedis Lapas Tabanan. Tes urin dilaksanakan secara masal pada 144 WBP rutan serta 52 orang petugas (satu susulan).
Adapun hasil penggeledahan yang didapatkan antara lain berupa korek api gas, kaca, paku, kabel, gunting kuku, silet, sendok dan kawat tembaga. 
Hasil ini selanjutnya akan dimusnahkan dan dibuatkan berita acara penggeledahan dan pemusnahan. Sementara tes urin pada 144 orang WBP dan 51 orang petugas (1 orang akan dilaksanakan susulan pada senin (3/1/22) didapatkan hasil negatif pada 10 indikator Narkotika (soma, amp, bzo, coc, met, mop, thc, mdma, mtd dan pcp). 
Kegiatan hari ini tidak luput dari bantuan segala pihak baik dari BNNP Bali maupun seluruh tim penggeledah yang telah melancarkan giat rutan hari ini. 
“Kami, selaku jajaran Rutan Negara mengucapkan terimakasih kepada segala pihak yang berkesempatan hadir pada hari ini serta kegiatan hari ini merupakan salah satu wujud Rutan Bersinar dan akan senantiasa terus dipertahankan,” Tutup Bambang Hendra Setyawan selaku Kepala Rutan Kelas IIB Negara.

Penulis : Kontributor Jembrana

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritagianyar.com - Media Online Gianyar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Gianyar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Jembrana Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV