News

Ida Rsi Lokanatha Lepas Gelar Sulinggih, PHDI: Tergantung Nabe

Rabu, 05 Januari 2022 | 13:35 WITA
Ida Rsi Lokanatha Lepas Gelar Sulinggih, PHDI: Tergantung Nabe

beritabali/ist/Ida Rsi Lokanatha Lepas Gelar Sulinggih, PHDI: Tergantung Nabe.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Setelah foto kemesraan beredar di sosial media dan banjir hujatan, Ida Rsi Lokanatha dan istri memutuskan untuk melepas gelar sebagai sulinggih, termasuk dari keorganisasian PHDI Kota Denpasar.
Keduanya telah menetapkan dewasa ayu kapan akan melangsungkan upacara tersebut. Dalam pertemuan bersama PHDI kota Denpasar pada Selasa 4 Januari 2022 di Griya Agung Giri Kusuma, jalan Drupadi, Denpasar, Rsi mengatakan akan mundur pada bulan Februari. 
"Kami mundur," ujar Ida Rsi didampingi istri. 
Keputusan ini ia pandang sebagai sikap kesatria. Terkait tahapan proses hingga terjadi upacara Ngelukar Gelung, akan dilakukan di griyanya sendiri. 
Menurut Ida Rsi, setelah ia tak lagi menjadi sulinggih, dia akan mengabdikan diri sebagai Jero Mangku Merajan, yakni pemuka agama untuk skala internal keluarga. 
Hal itu dibenarkan Ketua PHDI Kota Denpasar Nyoman Kenak. Diwawancarai Rabu (5/12/2022) secara daring, dia mengatakan keputusan boleh tidaknya seseorang sulinggih mundur dari kesulinggihan menjadi umat biasa itu ditentukan oleh sang nabe sebagai orang tua secara kesulinggihan.
Bila nabe memandang itu layak dilakukan, maka akan diputuskan. Begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain, Ida Rsi boleh saja berkeinginan melepas kesulinggihan, namun keputusan akhir ditentukan nabe. 
"Itu ranah sulinggih, kami walaka sejatinya tidak boleh menyinggung. Tapi sepengetahuan saya, proses Ngelukar Gelung diawali dengan adanya proses Patita, Panten, kemudian Ngelukar Gelung," ujar Kenak. 
Menurut dia, Patita secara garis besar adalah teguran dari sang nabe kepada nanak (putra secara kesulinggihan) karena sebuah kesalahan. Patita itu dapat ditebus dengan sejumlah upacara, upakara dan perjalanan spiritual. 
Halaman :

TAGS : Ida Rsi Lokanatha PHDI Kota Denpasar Nabe Sulinggih Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV