News

BPBD Tabanan Dijatah Sewa Alat Berat Hanya Rp45 Juta Setahun

Selasa, 04 Januari 2022 | 21:05 WITA
BPBD Tabanan Dijatah Sewa Alat Berat Hanya Rp45 Juta Setahun

beritabali/ist/BPBD Tabanan Dijatah Sewa Alat Berat Hanya Rp45 Juta Setahun.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Sebagai bentuk antisipasi terhadap peristiwa alam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan telah menyiapkan kajian risiko bencana.
Setidaknya ada tiga kecamatan memiliki risiko tinggi bencana longsor yakni Baturiti, Penebel dan Pupuan. Sedangkan untuk rawan banjir dan banjir bandang, merata hampir diseluruh kecamatan. 
Namun, karena keuangan daerah yang terbatas biaya penanganan bencana juga ikut menyesuaikan. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika mengungkapkan, kesiapan alat berat seperti ekskavator untuk menangani material longsor yang sifatnya urgent mengandeng rekanan dengan sistem pembayaran sewa. 
Sewa alat berat ini, BPBD Tabanan mendapatkan alokasi anggaran Rp 45 juta untuk setahun. 
“Kami diberi anggaran Rp 45 juta untuk alat berat dalam setahun, seandainya habis kita usulkan lagi, termasuk untuk sewa kendaraan atau truk yang membawa alat berat itu, namun ini untuk yang sifatnya kejadian urgent dan volume besar, kalau yang sifatnya ringan kita tangani manual dengan petugas TRC dibantu warga setempat,” ujarnya Selasa, (4/1).
Jika melihat jumlah bencana alam tahun lalu, nilai anggaran tersebut dirasa memang masih sangat kurang. “Tahun lalu anggaran alat sewa ini habis di bulan Maret karena banyak kejadian longsor dengan volume berat, dan kami ditambah anggaran lagi di perubahan sebesar Rp18 juta dan sudah habis,” ujarnya. 
Putu Trisna menambahkan, dengan kondisi keuangan daerah saat ini, tentu pihaknya harus menyiasati agar tupoksi BPBD dalam upaya membantu warga terdampak bencana bisa segera ditangani dengan cara menjalin koordinasi yang baik dengan BPBD Propinsi Bali maupun PMI, termasuk juga dengan Basarnas. 
“Berusaha maksimal dulu di kabupaten, jika dirasa perlu bantuan kami akan kordinasi dengan OPD terkait, dan yang sifatnya urgent baru koordinasi ke Propinsi ataupun Basarnas,” jelasnya. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


informasibali.com - Media Online Bali, Positif dan Inspiratif

Informasi Bali Terkini, Menyajikan Berita Pendidikan, Kesehatan, Wisata, Pertanian, Bisnis, Sosok, Komunitas, Info Warga di Bali, Nasional, Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Tabanan Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV