Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer/Laptop

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:50 WITA
Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer/Laptop

bbn/alodokter.com/Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer/Laptop

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Bekerja telalu lama dengan melihat layar komputer tentunya akan berdampak buruk untuk penglihatan. Apalagi jika dilakukan setiap hari karena bekerja menggunakan komputer atau Laptop.
Seperti yang dilansir dari Harvard Health, layar komputer dan layar digital lainnya dapat menyebabkan dua hal, yaitu mata kering akibat jarang berkedip dan mata terasa lelah.
Hal tersebut disebabkan oleh sumber cahaya dari layar barang elektronik yang membuat mata Anda terasa tidak nyaman. Akibatnya, Anda kesulitan mengamati teks dan gambar pada layar komputer, sehingga mengganggu pekerjaan Anda.
Agar mata lebih terjaga dan hal tersebut tidak terjadi, berikut sejumlah tips atau cara yang bisa dicoba untuk melindungi kesehatan mata dari paparan berlebihan layar komputer atau laptop.
1. Menggunakan kacamata anti-radiasi
Menurut American Optometric Association, para pengguna komputer disarankan memakai kacamata anti-radiasi yang dibuat khusus untuk melihat layar komputer. Hal ini dikarenakan cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan Anda.
Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah menggunakan kacamata, coba periksa kembali apakah kacamata Anda telah memiliki fitur anti-radiasi. Bagi yang tidak menggunakan kacamata untuk kegiatan sehari-hari, Anda bisa memakainya hanya ketika beraktivitas di depan komputer.
2. Mengubah posisi tubuh dan komputer
Posisi layar komputer sebenarnya direkomendasikan harus 15-20° di bawah mata Anda, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-70 cm dari mata Anda. Menutupi sumber cahaya dari luar dengan gorden atau tirai dan memakai lampu meja agar terhindar dari silau.
Mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah menatap layar komputer lebih dari dua jam tanpa istirahat. Setiap 20 menit sekali, usahakan untuk menatap ke arah selain layar selama 20 detik agar mata Anda berganti fokus. Jangan lupa untuk sering berkedip untuk menjaga permukaan bola mata tetap lembap.
Halaman :

TAGS : Mata Makanan Kesehatan Penglihatan Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV